usaha ini Menu

Jajanan Kaki Lima yang Bahayakan Kesehatan Menurut BPOM

Rate this Post:

{[['', '', ''], ['', '', ''], ['', '', ''], ['', '', ''], ['', '', '']]}

Permalink:

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menemukan ada empat jenis jajanan yang paling bermasalah. Persoalan yang paling banyak ditemukan dari jajanan tersebut adalah masalah kebersihan dan sanitasi.
Melansir laman CNN Indonesia, berikut adalah beberapa jajanan yang dibilang paling bermasalah menurut BPOM.


1. Es

"Persoalan yang paling banyak itu masalah mikrobiologi. Dari hasil kajian kami yang paling bermasalah adalah es," kata Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya BPOM Mustofa saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (17/9).
Mustofa menjelaskan, es-es yang beredar di masyarakat tidak sepenuhnya sehat, apalagi es balok. Bukan karena ada bahan berbahaya yang dikandung es, tapi justru air yang digunakan untuk membuat es tidak higienis.
Ia menjelaskan, BPOM menemukan air yang digunakan untuk membuat es adalah air mentah. Bahkan kata Mustofa ada juga es yang terbuat dari air sungai. "Yang bermasalah itu sumber air untuk membuat esnya. Kalau tidak air mentah ya air sungai," ujarnya.
Menurut Mustofa, penggunaan es balok untuk minuman atau jajanan jenis es sebenarnya salah besar. Es balok sebenarnya diperuntukkan untuk mendinginkan ikan agar segarnya tahan lama.



2. Sirup


Jajanan bermasalah lainnya yang ditemukan BPOM adalah sirop. Mustofa mengatakan sirop yang beredar di pasaran kadang mengandung pewarna yang berlebihan atau bahkan pewarna yang tidak diperbolehkan untuk makanan.



3. Jelly


Jelly atau agar-agar yang banyak dijual oleh pedagang keliling di sekitar rumah atau sekolah juga mengandung bahan-bahan yang membahayakan.



4. Bakso


Siapa yang tak menyukai penganan yang satu ini. Bakso memang tidak berbahaya atau mengganggu kesehatan jika dibeli di tempat yang terjamin kebersihannya. Tapi saat membeli bakso yang ditemui di sekolah-sekolah tentu harus berpikir ulang.
"Kalau dari segi keamanan mikrobiologi, empat makanan inilah yang paling banyak bermasalah di jajanan anak sekolah. Kalau empat ini dibereskan sudah bagus kondisi jajanannya," ujar Mustofa.





No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget

Theme Settings

x

Sidebar Position

Layout Type

Layout Style

Background Pattern

Example Styles