usaha ini Menu

Kebiasaan Buruk setelah makan

Rate this Post:

{[['', '', ''], ['', '', ''], ['', '', ''], ['', '', ''], ['', '', '']]}

Permalink:




Sebagaian orang mungkin telah mengetahui akan kebiasaan buruk setelah makan yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Namun, sebagaian orang masih saja banyak yang tak menghiraukan akan masalah ini, kebiasaan buruk setelah makan seperti tidur, mengkonsumsi air dingin, minum teh, merokok, mandi dan hal-hal lain yang mungkin cukup berbahaya untuk kesehatan. Yuk..liat apa penjelasannya dari si Mimin ...


  1. Tidur
    Tidur adalah aktivitas untuk mengembalikan stamina dan kondisi tubuh untuk menjadu lebih prima setelah melakukan aktivitas yang berat, akan tetapi, sering kali disalah gagunakan oleh sebagian orang. Kebiasaan tidur setelah makan mungkin memang terasa nikmat bagi seseorang, namun perlu kamu ketahui bahwa kebiasaan tidur setelah makan itu justru membuat dampak buruk bagi tumbuh kamu. 
    Kebiasaan tidur setelah makan akan mengganggu sistem kerja pencernaan dalam tubuh, sehingga proses pencernaan yang semestinya berjalan lancar menjadi melambat akibat pembagian kinerja organ tubuh dan dampak tersebut dapat menyebabkan infeksi usus dan lambung. Perut akan terasa kembung dan juga menyebabkan penimbunan lemak. Nah..cukup bahaya kan..saran mimin, jika mau tidur coba diusahakan lakuakan 3 jam setelah makan ya..


  2. Teh
  3. Kebiasaan buruk selanjutnya adalah mengkonsumsi teh. mungkin sekilas terlihat biasa saja, tapi mengkonsumsi teh setelah makan juga tidak baik untuk tubuh loh..
    Hal ini akan mengakibatkan meningkatnya protein yang semestinya dapat di proses, karena di dalam teh terdapat kandungan polifenol dan taninlah yang menyebabkan peningkatan protein dan menghambat proses penyerapan dari makanan yang semestinya diserap oleh tubuh. Selain itu teh juga bisa menghambat penyerapan zat besi pada tubuh yang akan mengakibatkan terjadinya anemia.


  4. Air dingin
  5. Panas-panas, pedas atau pun lelah kebanyakan sebagian orang lebih cenderung mengkonsumsi air dingin dalam kesehariannya selain menghilangkan rasa dahaga dan juga menyegarkan tubuh, baik itu air dingin berwarna atau pun mineral biasa. Tapi guys..kebiasaan sering minum air dingin itu juga tidak baik loh, apalagi kalau kita sering mengkonsumsi air dingin setelah makan. wah..perlu sedikit penjelasan nih..
    Mengkonsumsi air dingin setelah makan akan mengakibatkan sari makanan menjadi menggumpal dan itu sulit untuk dicerna, bahakan dapat pula menimbulkan timbunan lemak karena proses makanan tidak diproses secara baik yang mengakibatkan lemak di area tertentu. Sebaiknya biasakanlah mengkonsumsi air hangat setelah makan karena akan membantu mempercepat proses pencernaan makanan kita.


  6. Buah
  7. Sebuah Nutrisi yang di butuhkan oleh manusia juga terdapat di dalam kandungan buah-buahan. Banyak sekali macam-macam buah begitu juga kandungan di dalamnya. Tapi semua akan menjadi sia-sia  apabila salah menerapkan polanya. Mungkin banyak yang mengira buah itu cocok di konsumsi sebagai hidangan penutup atau biasanya dijadikan sebagai hidang pencuci mulut, tapi ternyata semua itu salah guys...
    Perlu kalian ketahui bahwa mengkonsumsi buah baiknya sebelum makan, Karena apabila mengkonsumsi buah setelah makan akan membuat proses pencernaan menjadi lama dan akhirnya buah menjadu busuk di dalam dan nutrisi serta vitamin dalam buah tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Dalam hal ini lambung membutuhkan 1-2 jam untuk memposes makanan yang masuk kedalam, apabila belum 1-2 jam lambung menerima asupan buah, makan menjadi menggangu dan apabila itu terus terjadi maka akan mengakibatkan gejala sakit perut dan diare.


  8. Berjalan
  9. Hayo ada apa dengan berjalan? Coba apa hubungannya dengan kebiasaan buruk setelah makan? Pasti itu semua yang terkadang ada di pikiran kita ya..
    Kegiatan yang satu ini memang sering kali semua orang lakukan, bahakan setiap detik, baik sadar atau pun tak sadar berjalan itu pasti menjadi kebiasaan. Namun karena seringnya beraktivitas dan bergerak dengan cara ini kebanyakan orang sering kali lupa dan tak memikirkan kondisi tubuhnya atau bahkan dampak yang akan terjadi akibat seringnya berjalan setelah makan.
    Pasti kita pernah merasakan sakit diperut sebelah kanan setelah makan dan langsung berjalan? Tenang itu bukan berarti usus buntu kok, melainkan otot-otot bagian perut antara otot satu dengan otot yang lainnya saling bersinergis, itulah sebabnya gerakan yang terjadi pada otot yang mengakibatkan gangguan proses penceranaan makanan yang baru saja kita konsumsi. Untuk itu sebaiknya cobalah memberikan waktu untuk tubuh sejenak guna mempermudah proses pencernaan sari-sari makanan, lalu mulailah kembali beraktivitas setelah 20 menit dan berjalan setelah 10 menit setelah makan.


  10. Melonggarkan ikat pinggang
  11. Pernahkah kalian melihat seseorang yang makan di rumah makan, dan setelah selesai melonggarkanikat pinggangnya??? Pasti sebagian pernah melihatnya atau pernah melakukannya.
    Dan sebaiknya itu jangan di lakukan kembali, karena itu cukup berdampak buruk. Melonggarka ikatpinggang setelah makan akan berdampak menurunya lambung karena terjadi tekanan dalam perut dan bisa mengakibatkan terbelitnya usus. Maka dari itu di anjurkan makanlah secukupnya dan berhentilah sebelum kenyang.


  12. Minum air terlalu banyak
  13. Minum setelah makan sudah tidak bisa di pisahkan dalam kehidupan sehari hari. Tapi jangan membiasakan minum air terlalu banyak, karena terlalu banyak air yang dikonsumsi setelah makan justru akan menghambat pencernaan dan tentu tentu akan membuat perut kembung penuh dengan air. Makadari itu konsumsilah air secukupnya saja setelah makan.


  14. Mandi
  15. Ketika Anda mandi tepat setelah makan, hal ini mempengaruhi proses pencernaan Anda. Karena apabila setelah makan dan langsung mandi itu akan membuat aliran darah pada saluran usus dan lambung akan menurun sehinga melemahkan fungsi lambung juga sistem pencernaan. Sebaiknya apabila ingin mandi lakukan setelah 3 jam setelah makan.


  16. Menyetir
  17. Menyetir ternyata juga salah satu yang kurang baik untuk di lakukan setelah makan, walau dalam keadaan apaa pun setidaknya beristirahatlah setelah makan, karena menyetir setelah makan membutuhkan konsentrasi. Menyetir adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Aliran darah yang semstinya bertugas untuk organ pencernaan saat proses pencernaan makanan, akan terbagi menjadi dua utnuk konsentrasi menyetir dan memproses pencernaan. Karean terbaginya aliran darah menyebabkan daya konsentrasi saat menyetir menurun dan akan membahayakan sang diver, dan tentunya karena pembagian ini proses pencernaan yang membutuhkan banyak aliran darah menjadi berkurang dan proses pun menjadi lambat.


  18. Merokok
  19. Mungkin ini sudah menjadi kebiasaan untuk para perokok. Merokok setelah makan untuk perokok itu cukup wajib. Padahal kebiasaan ini cukup berbahaya, Perlu dipahami sirkulasi darah setelah makan sangat cepat, itulah sebabnya kita kadang berkeringat saat makan. Saat itulah senyawa-senyawa kimia yang terkandung dalam rokok juga akan cepat terserap. Jika hal ini terus dibiasakan, maka kerusakan hati, paru-paru serta ginjal juga akan semakin cepat menggerogoti tubuh.


Bagaimana??? mungkin ini sebagian kebiasaan buruk yang sering dilakukan, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.


No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget

Theme Settings

x

Sidebar Position

Layout Type

Layout Style

Background Pattern

Example Styles