usaha ini Menu

Berpuasa sehat dengan Susu Kambing NewGOAT

Rate this Post:

{[['', '', ''], ['', '', ''], ['', '', ''], ['', '', ''], ['', '', '']]}

Permalink:

Manfaat Puasa Bagi Tubuh
Tubuh manusia terdiri dari sel – sel yang berkumpul menjadi organ tubuh. Masing – masing organ tubuh mempunyai rangkaian sistem kerja yang biasa kita ibaratkan seperti kerja mesin. Mesin tubuh kita tidak dapat kita paksakan untuk bekerja terus menerus tanpa istirahat. Salah satu masa istirahat tubuh kita adalah dengan berpuasa. Saat berpuasa organ pencernaan dan organ lainnya berada dalam posisi rileks sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbaharui diri. Sel – sel yang rusak juga menjadi lebih baik dan fungsinya lebih meningkat. Dengan memberi waktu istirahat pada saluran pencernaan, saluran pencernaan terpelihara. “Dalamm berbagai penelitian memang ditemukan, ternyata orang yang berpuasa lebih sehat sistem pencernaannya.” Kata Dokter Onzat Rozak, M. Kes.


Dari banyaknya riset tentang manfaat berpuasa bagi kesehatan, ada beberapa manfaat yang bisa diambil antara lain :
  • Memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat
  • Membebaskan tubuh dari racun dan kotoran yang merusak kesehatan
  • Memblokir makanan untuk kuman – kuman termasuk bakteri, virus maupun sel kanker
  • Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh
  • Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologi dan biokimia tubuh
  • Meremajakan sel – sel tubuh serta meningkatkan sel darah putih untuk menambah fungsi daya tahan tubuh
  • Menstabilkan produksi hormon dalam tubuh

Sebuah penelitian juga menyebutkan, saat tubuh beristiraha terjadi peremajaan pada sel tubuh. Proses peremajaan diawali dengan penggunaan cadangan energi pada tubuh kita. Secara alami, manusia memiliki cadangan energi bersama glikogen. Pada saat tidak berpuasa, cadangan tersebut bisa bertahan sehari penuh. Namun cadangan gizi dalam tubuh itu jarang terpakai, karena pada saat tidak berpuasa tubuh terus mendapat suplai makanan dari luar.
Pada saat puasa inilah, cadangan yang tersimpan dalam organ – organ tubuh bisa terpakai. Efek penggunaan energi cadangan membuat organ – organ tubuh seperti “bernafas” bebas. Inilah yang disebut sebagai peremajaan sel. Peristiwa tersebut sangat bermanfaat bagi kekebalan dan daya tahan tubuh kita.
Penggunaan energi cadangan pada tubuh bisa menyebabkan racun dalam tubuh ikut keluar. Begitu juga di bagian organ pencernaan. Dengan berhentinya sejenak suplai ke bagian tersebut, alat pencernaan dapat beristirahat sekaligus membersihkannya. Proses pembuangan racun ini biasa dikenal sebagai proses detoksifikasi.
Jika berpuasa dilakukan secara benar, ternyata berbagai jenis penyakit dapat dikendalikan. Misalnya diabetes, darah tinggi, maag hingga kegemukan. Bagaimana cara berpuasa yang memberi manfaat kesehatan?
Puasa berarti mengistirahatkan saluran pencernaan (usus) beserta ebzim dan hormon yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 18 jam. Dengan berpuasa organ vital ini dapat istirahat selama 14 jam.
Puasa akan mengaktifkan sistem pengendalian kadar gila darah. Apabila gula darah turun, maka cadangan gula dalam bentuk glikogen yang ada di hati mulai kita gunakan.
Namun penderita penyakit hati yang berat, seperti sirosis hati, dianjurkan untuk tidak berpuasa, karena beresiko terjadi penurunan gila darah (hipoglikemia), akibat cadangan glikogen hati sangan berkurang. Pada orang normal tidak akan menjadi masalah jika kadar gula sangat turun.
Puasa juga merupakan kesempatan menurunkan berat badan bagi yang gemuk, dengan cara tidak makan berlebihan sewaktu berbuka dan sewaktu sahur. Kadar lemak darah, kolesterol dan trigliserida bisa berkurang karena tingkat konsumsi makanan gorengan dan bersantan berkurang.
Bagi yang hipertensi, tekanan darah turun, jika selama berbuka hingga sahur tidak makan makanan yang asin – asin dan tidak lupa minum obat hipertensi sewaktu sahur.
Pada penderita sakit maag atau gastritis yang ringan boleh berpuasa, kadang – kadang keluhannya berkurang. Bila berat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu, apakah boleh berpuasa.

Berpuasa sehat dengan Susu Sehat NewGOAT
Sebelum berpuasa kita harus berniat untuk berpuasa. Adanya niat berpengaruh kepada diri kita secara psikologis, bahwa kita pasti kuat puasa, tahan terhadap segala godaan dan akan lebih meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.
Sebaiknya kita mengurangi kegiatan – kegiatan yang kurang perlu, usahakan tetap berolahraga, agar aliran darah tetap lancar serta kebugaran tubuh terjaga. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, naik sepeda dan lain – lain.
Waktu berolahraga yang baik adalah menjelang buka puasa.
Selama berpuasa kita dapat merasa tetap sehat dan segar bugar jika kita dapat mengatur pola makan kita. Makanlah secara teratur untuk buka puasa dan sahur dengan menu seimbang yang cukup cairan dan serat.
Menu yang dipilih pada waktu buka yaitu terdiri dari makanan pembuka berupa minuman manis atau makanan manis, seperti kolak pisang, kurma atau teh manis. Makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang akan mudah diserap dan segera menaikkan kadar gula darah. Seletah sholat magrib makan makanan pelengkap yang terdiri dari : nasi atau pengganti nasi, ayam / ikan / daging, tahu / tempe, sayuran dan buah. Setelah tarawih dapat makan camilan berupa roti atau buah. Makan sahur harus dipentingkan karena sahur yang baik membuat puasa tidak terasa berat.

Hidangan sahur sama seperti waktu buka, namun porsinya lebih kecil. Dianjurkan makan dengan kadar protein tinggi agar membuat lambung merasa kenyang lebuh lama. Pencernaan dan penyerapan juga lebih lama dibanding makanan yang kadar karbohidratnya tinggi, sehingga tidak cepat terasa lapar.


Sumber :
newgoat.co.id

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget

Theme Settings

x

Sidebar Position

Layout Type

Layout Style

Background Pattern

Example Styles